animasi

Widget Animasi

Animasi

Animasi

Wednesday, October 10, 2018

unsur unsur ADMINISTRASI

   

     UNSUR-UNSUR ADMINISTRASI

  • Unsur  luas
1. Organisasi
Organisasi berasal dari istilah Latin “organum” dan istilah Yunani “organom” yang berarti alat, anggota, bagian, atau badan. organisasi    mempunyai 2 arti, yaitu:
a.    Statis = wadah kegiatan
b.    Dinamis = system pembagian kerja
Organisasi adalah wadah dimana segenap alat tubuh tersusun dengan teratur, yang bergerak dan bekerja masing-masing sesuai dengan tugasnya. Aktivitas-aktivitas dalam organisasi:
–    Penyusunan bentuk dan pola kerjasama
–    Membagi-bagi wewenang masing-masing pelaksana
–    Menentukan tugas pekerjaan orang-orang yang tergabung dalam kesatuan kerja tertentu

2.    Manajemen
Manajemen adalah aktivitas menggerakkan segenap orang dan mengarahkan semua fasilitas yang dipunyai oleh sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.
Faktor manajemen (5M):
Man, money, metode, market, material, dan mechine.
Fungsi manajemen:
POAC & POSDCORB

3.    Komunikasi
Komunikasi adalah penyampaian pesan yang mengandung macam-macam keterangan dari seseorang kepada orang lain dalam suatu organisasi tertentu dan dalam  rangka usaha kerja sama untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. syarat komunikasi :
–    Ada berita atau warta
–    Ada sumber berita
–    Terjadi dalam setiap usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  • Unsur sempit
4.    Kepegawaian
Kepegawaian adalah suatu kegiatan yang mengurus tenaga kerja manusia. Kegiatan kepegawian meliputi: penerimaan, penempatan, pembimbingan, peningkatan, dan pemberhentian. 
5.    Keuangan
Keuangan adalah kegiatan yang berkaitan dengan biaya dalam suatu organisasi. Pengelolaan keuangan dimulai dari sumber biaya diperoleh, cara menggunakan uang kalau sudah didapat, dan cara mempertanggujawabkan secara sah dan efisien. 
6.    Perbekalan
Perbekalan adalah kegiatan yang mengurus barang-barang perbekalan yang dapat membantu terlaksananya suatu kegiatan dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Pengurusan barang-barang perbekalan mulai dari menentukan berapa banyak barang yang diperlukan, pemakaian barang, pemeliharaan, dan penyingkiran. 
7.    Katatausahaan
Ketatausahaan adalah suatu kegiatan penataan atau pengaturan bahan keterangan mulai dari menghimpun, mencatat bahan-bahan keterangan sampai dengan mengolah, mengadakan, mengirim, dan menyimpan bahan-bahan keterangan.
8.    Humas
Humas adalah suatu aktivitas yang berusaha untuk menjaga hubungan baik atau jalinan baik antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain.

0 comments:

Post a Comment