animasi

Widget Animasi

Animasi

Animasi

Sunday, October 21, 2018

kebiasaan pembeli

. KEBIASAN PEMBELI DAN MOTIF PEMBELIAN
1.Kebiasan Pembeli
Kebiasaan membeli (buying habits) akan menjawab pertanyaan bagaimana, kapan dan dimana konsumen melakukan pembelian barang- barangnya. Kebiasaan membeli para konsumen selalu berubah-ubah setiap saat. Oleh sebab itu, setiap penjual atau manajer pemasaran perlu mengikuti perkembangan dan mempelajarinya kebiasaan membeli barang dan jasa.
Keberhasilan kegiatan pemasaran suatu perusahaan sangat ditentukan oleh kemampuan di dalam melayani persepsi para pembeli. Perilaku konsumen selalu berkaitan dengan proses pemilihan produk yang dibelinya. Perilaku para pembeli merupakan tindakan yang langsung menyangkut pencapaian dan penggunaan produk termasuk keputusan di dalam pembelian, sesuatu produk yang dibutuhkan dan yang diinginkannya.
Adapun faktor yang memengaruhi kebiasaan dan perilaku konsumen di dalam membeli sesuatu produk adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi. Pembelian yang dilakukan oleh para pembeli dipengaruhi pula oleh kebiasaan di dalam pembeliannya.
Di dalam kebiasaan membeli sesuatu produk tercakup kapan waktunya pembelian, jumlahnya berapa, dan di mana pembelian itu akan dilakukan. Apabila dilihat dari bidang pekerjaan, dapat dinyatakan bahwa para karyawan melakukan pembelian produk dalam jumlah yang besar biasanya pada waktu gajian. Begitu pula masyarakat yang berpendapatan tinggi, pada umumnya membeli barang dalam jumlah yang besar dan biasanya membeli barang dari pedagang besar atau toko tertentu. Kegagalan dalam penjualan barang dan jasa biasanya terletak pada ketidakmampuan mengetahui keinginan jiwa pembeli/konsumen/ pelanggan.

Setelah diketahui motif dan perilaku pembelian, setiap produsen harus pula mempelajari dan mengerti tentang proses dan keputusan pembelian konsumen terhadap barang yang akan dibelinya. Pengambilan keputusan membeli mencakup penentuan apa yang akan dibeli atau tidak membeli tergantung dari aktivitas sebelum dilakukan pembelian.
Tahapan proses pembelian konsumen terhadap sesuatu barang adalah
sebagai berikut:
a. Timbulnya kebutuhan terhadap barang dan jasa.
b. Pencarian informasi terhadap barang dan jasa yang dibeli.
c. Evaluasi perilaku konsumen.
d. Keputusan konsumen untuk membeli barang dan jasa.
e. Perilaku konsumen setelah membeli barang dan jasa.
Melalui proses yang logis, sewaktu-waktu konsumen akan mengambil suatu
keputusan untuk membeli barang dan jasa yaitu:
a. Menyadari adanya kebutuhan yang belum terpuaskan,
b. Beberapa pilihan yang nalar diidentiļ¬kasi dan dievaluasi,
c. Keputusan membeli barang dan jasa harus ditentukan.

0 comments:

Post a Comment